- Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari prilaku dan proses mental seseorang.
Pendidikan adalah proses dimana terjadi belajar dan mengajar.
jadi psikologi pendidikan adalah :
- ilmu yang menerapakan tentang proses prilaku belajar dan mengajar .
- cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Pembelajaran(Learning) adalah pengaruh permanen atas, pengetahuan , dan keterampilan berfikir , yang diperoleh melalui pengalaman.
Behaviorisme adalah pandangan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diobservasi.
Proses mental adalah pikiran , perasaan , dan motif yang tak dapat diobservasi oleh orang lain.
- Pendekatan Dalam Belajar
- Behavioral
- Kognitif Sosial
- Pemrosesan Informasi
- Konstruktif Kognitif
- Konstruktif Sosial
Penjelasan :
- Behavioral adalah penekanan pada pengalaman , terutama penguatan dan hukuman, sebagai pembelajaran dan perilaku.
- Kognitif Sosial adalah penekanan pada interaksi faktor perilaku, lingkungan, dan orang (kognitif) sebagai determinan pembelajaran.
- Pemrosesan Informasi adalah penekanan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian (atensi), memori, pemikiran dan proses kognitif lainnya.
- Konstruktif Kognitif adalah penekanan pada konstruksi kognitif dari pengetahuan dan pemahaman.
- Konstruktif Sosial adalah penekanan pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.
- Pendekatan Behavioral Untuk Pembelajaran
- Pengkondisian Klasik
adalah tipe pembelajaran di mana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiakan stimuli.
untuk memahami teori pengkondisian klasik pavlov :
- Unconditioned stimulus (US) adalah sebuah stimulus yang secara otomatis menghasilkan respons tanpa ada pembelajaran terlebih dahulu.
- Unconditioned response (UR) adalah respons yang tidak dipelajari yang secara otomatis dihasilkan oleh US.
- Conditioned stimulus (CS) adalah stimulus yang sebelumnya netral yang akhirnya menghasilakan conditiomed response setelah diasosiasikan dengan US.
- Conditioned response (CR) adalah respons yang dipelajari, yakni respons terhadap stimulus yang terkondisikan yang muncul setelah terjadi pasangan US-CS.
2.
Pengkondisian Operant
adalah
sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan
perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi.
- Hukum Efek Thorndike
prinsip
bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa
perilaku yang diikuti hasil negative akan diperlemah.
- Pengkondisian Operant Skinner
dimana
konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu
akan terjadi(1938).
- Penguatan dan hukuman
penguatan(imbalan)(reinforcement)
adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa sesuatu perilaku akan
terjadi .
hukuman(punishment)
adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.
Penguatan
Positive adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang
mendukung (rewarding).
Penguatan
Negative adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan
stimulus yang merugikan ( tidak menyenangkan )(Fierman, 2002).
Salah satu
cara untuk mengingat perbedaan antara penguatan positif dan negatif adalah
dalam penguatan positif ada sesuatu yang ditambahkan atau diperoleh. dalam
penguatan negatif ada sesuatu yang dikurangi atau dihilangkan.
Referensi
Referensi
- Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
0 komentar:
Posting Komentar