NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
TOPIK: PERAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA-SISWI
JUDUL: INTERAKSI SISWA-SISWI SMA N 11 MEDAN TERHADAP INTERNET
A.
Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki
setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini memainkan
peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan stuktur organisasi, dan
manajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan
yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu
institusi akademik. Salah satunya internet. Internet adalah inti dari
komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer
yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang
dapat diakses. Banyak siswa-siswi sma menggunakan internet untuk mencari
tugas-tugas mereka yang di berikan oleh guru. Karena terkadang guru mereka
memberikan tugas kepada mereka yang tidak terdapat di buku penyelesaiannya jadi
mau tidak mau mereka harus searching dari internet. Di internet apa yang tidak
ada di buku pasti ada di internet. Jadi, siswa-siswi pun suka menggunakan
internet karena untuk memudahkan dalam penyelesaian tugas mereka.
B.
Landasan Teori
Tik adalah berbagai aspek yang melibatkan
teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian
dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, komputer dan hubungan mesin
(komputer) dan manusia, dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan
kebudayaan [British Advisory Council for applied Research and Development:
Report on Information Technology; H.M. Stationery Office, 1980). Definisi
lain tentang tik yaitu semua bentuk teknologi yang terlibat dalam pengumpulan,
memanipulasi, komunikasi, presentasi dan menggunakan data (data yang
ditransformasi menjadi informasi) [E.W. Martin et al. 1994. Managing
Information Technology: What Managers Need to Know. New York :Prentice Hall].
Arti Teknologi Informasi dalam dunia
pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat
diapakai untuk menyiarkan program pendidikan. Salah satu bagian tik itu
adalah internet. Internet dapat menjadi alat penting untuk membantu murid
belajar (Bissell dkk, 2002; Roblyer & Edwards, 2000). Akan tetapi, internet
mengandung beberapa kelemahan (Gackenbach & Ellerman, 1999) karena untuk
menggunakannya secara efektif maka sofwarenya harus di install terlebih dahulu
dan adanya kekhawatiran murid-murid untuk menyalahgunakan internet. Tetapi apabila
digunakan secara efektif maka internet dapat menambahkan pengetahuan kita. Internet (internasional network) Berasal dari kata inter conection network yaitu jaringan komputer yang terhubung secara luas dan pesat dan mendunia.Tujuannya untuk berbagi sumber daya yang dinamis dan berbagi informasi kepada dunia.
Sejarah internet dimulai
dari tahun 1969 yang memulainya Departemen Pertahan Amerika. Nama
Departemen nya Darpa yang mengadakan riset “Bagaimana caranya
menghubungkan Dua buah Komputer”nama risetnya “Darpa net”
Tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan.
Tahun 1972 “Roy Tomminson” orang yang membuat email.
Tahun 1982 diciptakan TCP/IP Untuk mengenalkan alamat di jaringan komputer yang ada.
Tahun 1984 dibuatlah DNS (Domain Name System)
Tahun 1988 Chatting telah dibuat yang bernama IRC (Internet Relay Chat).
Tahun
1990 Teknologi www “world wide web” yaitu program editor dan browser
yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lain.
Tahun 1992 muncul istilah “Surfing the internet”
Tahun 1994 mulai dikenal nama – nama situs kurang lebih 3.000 halaman web.
Peralatan untuk membangun Internet
1. harus ada Browser (Perangkat Lunak)
Contoh Browser : Internet Explorer, Mozila Firefox
2. Modem (Perangkat Keras) singkatan dari Modulator demodulator
Modem adalah alat komunikasi dua arah.
Jenis-jenis Modem dibagi 3 yaitu :
- Modem Dial Up ada 2 macam yaitu Modem Internet dan Modem Exsternal.
- Modem Kabel
- Modem ADSL fungsinya untuk sinyal telepon sebagai suara dan data
3. Saluran Telepon
Perangkat Keras Pendukung Akses Internet
1. Switch / Hub
2. Repeater
3. Bridge (Penghubung)
4. Router
Jasa Akses Internet atau ISP (Internet Servis Propaider)
Contohnya : Telkom, Indosat, Suasantara.com
Perangkat Penghubung Internet :
1. Kabel UTP
2. Conector RJ45 diciptakan tahun 1945
3. Lan card
4. Wi-fi
Pengertian
Website atau Situs adalah halaman untuk menampilkan suatu informasi
berupa gambar, suara yang saling berhubungan oleh link-link (Penghubung).
Unsur-unsur membangun sebuah Website :
1. Skrip (Bahasa Program) : bahasa pemprograman untuk internet adalah html.
2. Mendesain Web utuk menentukan kualitas dan keindahan situs.
3. Domain Name yaitu alamat situs yang digunakan.
4. Hosting adalah ruangan hardisk tempat menyimpan berbagai data, file, gambar, video dll. Biasanya disewakan.
5. Di Publikasi .
Nama – nama Domain :
1. .com : layanan situs yang bersifat komersil
2. .eEdu : Layanan Pendidikan International.
3. .Gov : Layanan untuk pemerintahan.
4. .mil : Layanan kebutuhan angkatan bersenjata atau militer
5. .org : Layanan Kebutuhan Organisasi
6. .Net : Layanan Kebutuhan Jaringan Komputer
7. . Biz : Layanan kebutuhan dunia bisnis
Browser
Cara Kerja Browser :
1. Browser mengambil informasi melalui jaringan internet pada serverlife.
2. Server memberi respon dengan memberikan informasi yang diminta.
3. Browser menampilkan informasi menggunakan fasilitas yang berupa kode-kode html.
C.
Tujuan
- Untuk mengetahui seberapa besar peran internet sebagai
wadah pembelajaran siswa-siswi sma.
- Untuk mengetahui dampak negatif dan positif sebagai
media belajar pada siswa-siswi sma.
D. Alat dan
Bahan
E. Analisis
Data
Data didapat dengan memberikan
angket terhadap subjek dan terdiri dari 10 pertanyaan. Data ini diperoleh
berdasarkan jawaban siswa yang paling dominan dan kemudian ditarik kesimpulan.
F. Objek atau
Subjek
Lokasi penelitian di Sma Negeri 11 Medan. Populasi dari penelitian adalah siswa-siswi
kelas xi ia 3 Sma Negeri 11 Medan yang
terdiri dari 38 siswa-siswi.
G. Jadwal Pelaksanaan
Bulan
Kegiatan
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Pemilihan topik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan Judul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membuat Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan Landasan Teori
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membuat konsep penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Izin Ke Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Meminta surat izin dari fakultas psikologi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengantar surat ke sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menganalisis data & menarik Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengevaluasi Kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membuat Poster
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Posting di Blog
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Pemilihan topik :
13 Maret 2012
- Menentukan Judul :
20 April 2012
- Membuat Pendahuluan :
27 April 2012
-
Menentukan Landasan Teori : 27 April 2012
-
Membuat konsep penelitian : 28 April 2012
- Izin Ke Sekolah : 1 Mei 2012
-
Meminta surat izin dari fakultas psikologi : 1 Mei 2012
- Mengantar surat ke sekolah
: 9 Mei 2012
- Menganalisis data & menarik Kesimpulan : 4 Juni 2012
- Mengevaluasi Kegiatan :
4 Juni 2012
- Membuat Poster
: 4 Juni 2012
- Posting di Blog
: 5 Juni 2012
H. Kalkulasi
Biaya
Barang yang dibeli
|
Harga
|
Fotocopy kuesioner (Rangkap 38)
|
Rp 3.000
|
Beli reward (3 kotak)
|
Rp 60.000
|
Beli kue
|
Rp 20.000
|
Poster
|
Rp 7.000
|
Jumlah
Biaya per orang
|
Rp 90.000
Rp 30.000
|
PELAKSANAAN
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2012. Pertama
kali yang kami laksanakan adalah meminjam almamater terlebih dahulu kepada
senior, demi kelangsungan status kami dalam pengambilan sampel, setelah kami meminjam
almamater kepada senior, lalu kami membeli kue, kami singgah ke sebuah toko
roti pada pukul 08.30 Wib, dengan semangat yang tinggi dan hati yang dag dig
dug, kami bertiga naik angkutan umum untuk menuju lokasi tersebut, wah ternyata
sangat jauh sekali sma yang kami kunjungi yaitu Sma Negeri 11 Medan,sungguh
peristiwa yang sangat menarik karena sebelumnya kami tidak pernah terjun
kelapangan seperti hal ini, sekitar pukul 10.30 Wib kami tiba di Sma Negeri 11
Medan, disana kami disambut baik oleh staff pengajarnya, ketika kami tiba
disana ternyata siswa-siswinya sedang bermain/istirahat, akhirnya pun kami
memutuskan untuk istirahat sejenak juga.
Ketika pukul 12.00 Wib istirahat di usaikan, dan
disitulah kesempatan kami untuk melakukan penelitian tersebut, kami memasuki
ruangan dimana siswa-siswinya sedang mengikuti mata pelajaran Teknologi
Informasi & Komunikasi (TIK), ternyata 1 kelas tersebut dibagi 2 ada yang
sedang melakukan praktikum komputer dan ada yang sedang mengerjakan tugas untuk
menunggu gilirannya.
Tiba lah kami membagi angket kami tersebut, ternyata
sangat enak sekali, kami disambut hangat oleh siswa-siswi tersebut, saat mereka
mengisi angket, mereka ternyata juga aktifnya dengan menanyakin kak enak di usu
kak? Malah ada yang minta alamat fb lagi, huuu kami senang, meskipun begitu
mereka sangat bagus kok mengisi angketnya.
Ketika mereka mengisi angket, kami tidak lupa juga
untuk mengambil dokumenya tersebut, seperti mengambil foto mereka saat mengisi
angket. Dan ketika mereka mengisi angket dengan senang hatinya kami dan mereka
berfoto bareng, wahh inikah yang dinamakan penelitian sangat-sangat seru.
Dan setelah penelitian selesai kami juga mendiskusikan
tentang angket yang diisi oleh mereka, yang artinya kami mengambil kesimpulan mengenai
peran teknologi bagi mereka sendiri.
PELAPORAN & EVALUASI
A.
Laporan
Data
diambil dari 38 siswa-siswi Sma Negeri 11 Medan. Mereka berpendapat bahwa
internet memiliki kelemahan dan keunggulan dalam perannya sebagai media
belajar. Kelemahannya internet adalah mereka bisa mengakses website-website
yang tidak pantas bagi mereka, website yang bisa merusak moral mereka.
Keunggulannya yaitu internet bisa membantu mereka dalam membuka website-website
pelajaran, dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dan
dapat menambah wawasan mereka. Menurut mereka peran internet sangat besar
sebagai media belajar mereka dimana itu dapat membantu mereka dalam mempelajari
pelajaran sekolah karena dengan adanya internet mereka bisa mempelajari kembali
pelajaran sekolah mereka yang belum mereka mengerti pada saat guru mereka
menjelaskan selain itu internet pun sangat membantu mereka dalam menyelesaikan
tugas-tugas mereka yang terkadang jawabannya itu tidak terdapat dalam buku.
Tetapi walaupun internet sangat disukai oleh-oleh para siswa-siswi sma,
kebanyakan dari mereka lebih senang membaca dari buku ketimbang dari internet
dikarenakan kalau dari internet dapat merusak mata mereka akibat dari radiasi
komputer tersebut.
Para siswa-siswi sma membuka internet untuk
belajar pelajaran sekolah tergantung pada si guru seberapa sering memberi tugas
kepada mereka melalui internet. Karena sebagian besar para siswa-siswi sma
membuka internet untuk belajar pelajaran sekolah itu dikarenakan adanya tugas
yang diberikan kepada mereka yang mengharuskan mereka membuka internet. Adapun
situs-situs pelajaran yang sering dibuka para siswa-siswi sma yaitu :
Para
siswa-siswi sma bisa menghabiskan waktu mereka untuk internetan hingga 1 s/d 5
jam mereka. Disitu mereka bermain game, mencari tugas mereka dan lain-lain.
Tetapi sebagian besar para siswa-siswi sma belum pernah mengikuti tes kemampuan
melalui internet. Dikarenakan mereka tidak mengetahui nama websitenya apa. Para
siswa-siswi sma pun berpendapat bahwa internet memiliki dampak positif dan
dampak negatif terhadap mereka. Dampak positifnya yaitu mempermudahkan mereka
dalam mengerjakan tugas sekolah, mereka bisa menambah wawasan mereka tentang
pelajaran maupun tentang teknologi itu sendiri. Dan dampak negatifnya menurut
mereka adalah bisa dengan mudah mengakses website-website yang tidak
sepantasnya.
B. Evaluasi
Dalam menyelesaikan tugas proyek mini ini, kami tidak
menemukan kendala yang begitu berarti. Namun ada beberapa hal yang membuat
pengerjaan tugas proyek mini ini sedikit lama seperti membuat poster yang kami
akui kami sangat sangat tidak ahlinya dan waktu yang banyak kami buang serta
adanya waktu yang terbentur antar anggota kelompok.
Meskipun ada beberapa kendala yang kami hadapi, secara
keseluruhan kami merasa puas dengan hasil kerja kami ini. Bagian demi bagian
kami kerjakan secara bertahap dengan bersama-sama sehingga tugas ini tidak
terasa begitu berat. Penelitian ini sendiri dapat berjalan lancar meskipun ada
bagian-bagian yang masih terlihat kurang.
C. Testimoni
1. Testimoni
Kelompok :
Menurut kelompok, proyek mini adalah tugas yang dapat menambah wawasan
kami, memperkuat mental kami sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi, dimana kami
harus menghadapi murid-murid yang berbeda-beda tingkah lakunya. Dengan proyek
mini ini kami sangat merasakan bahwa ini lah kegiatan mahasiswa yang
sesungguhnya.
2. Testimoni
Anggota :
Menurut saya mengenai proyek mini itu sendiri yaitu saya merasakan bahwa
saya mengalami perubahan diri seperti banyaknya pengalaman dimana saya tidak
pernah terjun ke lapangan seperti kegiatan proyek mini ini sendiri.
-
Siti Rizki Kartika (11-032)
Menurut saya proyek mini ini menambah pengalaman
baru saya dan menambah wawasan saya karena dengan proyek mini saya bisa belajar
menghadapi orang banyak dan melatih kesabaran.
Menurut saya, kelompok kami sudah berusaha
mengupayakan yang terbaik meskipun mungkin masih jauh dari sempurna,. Saya
merasa proyek ini pengalaman yang sangat berguna bagi kami nantinya dalam
menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah untuk kedepan nantinya. Saya merasa kami
tidak menemukan kesulitan yang berarti, karena semuanya alhamdulillah berjalan
sesuai dengan perencanaan mulai dari meminta surat izin hingga pelaksanaan
demikian juga denga partisipannya yang menunjukkan antusiasme yg tinggi dengan
penelitian ini.
Daftar Pustaka:
Dokumen
Sekian blog dari saya, semoga blog ini dapat digunakan sebagai bahan referensi anda dan dapat bermanfaat sebaik mungkin.
Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada:
- Teman Sekelompok Mini Proyek.
- Dosen Pengampu yaitu Ibu Filia Dina Anggaraeni.
- Sma Negeri 11 Medan.