1.
Bagaimana pendidikan di SLB B ?
SLB B yaitu sekolah luar biasa
untuk tuna rungu ( pendengaran ).
Gangguan pendengaran dapat menyulitkan proses belajar
anak. Anak yang tuli secara lahir dalam kemampuan berbicara dan bahasanya.
Banyak anak
yang memiliki masalah pendengaran , mendapatkan pengajaran tambahan di luar kelas regular.
Pendekatan pendidikan untuk membantu anak yang
punya masalah pendengaran terdiri dari dua kategori: pendekatan oral dan
pendekatan manual.
1.
Pendekatan oral antara lain menggunakan metode
membaca gerak bibir, speech reading ( menggunakan alat visual untuk
mengajar membaca , dan sejenisnya.
2.
Pendekatan manual adalah dengan bahasa isyarat
dan mengeja jari (finger speeling).
3.
Bahasa isyarat adalah sistem gerakan tangan yang
melambangkan kata. Pengejaan jari adalah “mengeja” setiap kata dengan menanndai
setiap huruf dari satu kata.
Pendekatan oral dan manual dipakai bersama untuk
mengajar murid yang mengalami gangguan pendengaran ( hallahann & kauffkann,
2000).
2.
Seandainya saya seorang psikolog di SLB B, yang
harus saya lakukan adalah?
1.
Saya harus bersikap sabar.
2.
Berbicara secara wajar (tidak terlalu cepat atau
terlalu lambat).
3.
Jangan berteriak, sebab tindakan ini tidak akan
membantu. Berbicara dengan jelas akan banyak membantu.
4.
Kurangi gangguan dan suara bising.
5.
Tatap murid yang saya ajak bicara, karena murid
perlu membaca.
Referensi
Lahey, Benjamin B . (2007) . Psychology an Introduction . NEW York : McGraw-Hill.