Jumat, 04 Mei 2012

Pendidikan SLB B

1.       Bagaimana pendidikan di SLB B ?


SLB B yaitu sekolah luar biasa untuk tuna rungu ( pendengaran ).
Gangguan pendengaran dapat menyulitkan proses belajar anak. Anak yang tuli secara lahir dalam kemampuan berbicara dan bahasanya.
 Banyak anak yang memiliki masalah pendengaran , mendapatkan pengajaran tambahan  di luar kelas regular.

 Pendekatan pendidikan untuk membantu anak yang punya masalah pendengaran terdiri dari dua kategori: pendekatan oral dan pendekatan manual.
1.       Pendekatan oral antara lain menggunakan metode membaca gerak bibir, speech reading ( menggunakan alat visual untuk mengajar  membaca , dan sejenisnya.
2.       Pendekatan manual adalah dengan bahasa isyarat dan mengeja jari (finger speeling).
3.       Bahasa isyarat adalah sistem gerakan tangan yang melambangkan kata. Pengejaan jari adalah “mengeja” setiap kata dengan menanndai setiap huruf dari satu kata.

Pendekatan oral dan manual dipakai bersama untuk mengajar murid yang mengalami gangguan pendengaran ( hallahann & kauffkann, 2000).

2.       Seandainya saya seorang psikolog di SLB B, yang harus saya lakukan adalah?

1.       Saya harus bersikap sabar.
2.       Berbicara secara wajar (tidak terlalu cepat atau terlalu lambat).
3.       Jangan berteriak, sebab tindakan ini tidak akan membantu. Berbicara dengan jelas akan banyak membantu.
4.       Kurangi gangguan dan suara bising.
5.       Tatap murid yang saya ajak bicara, karena murid perlu membaca.

Referensi
Lahey, Benjamin B . (2007) . Psychology an Introduction . NEW York : McGraw-Hill.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;