Selasa, 13 Maret 2012 0 komentar

Psikologi Pendidikan dan Metode Pembelajaran

  • Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari prilaku dan proses mental seseorang.
Pendidikan adalah proses dimana terjadi belajar dan mengajar.
jadi psikologi pendidikan adalah :
  • ilmu yang menerapakan tentang proses prilaku  belajar dan mengajar .
  • cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Pembelajaran(Learning) adalah pengaruh permanen atas, pengetahuan , dan keterampilan berfikir , yang diperoleh melalui pengalaman.
Behaviorisme adalah pandangan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diobservasi.
Proses mental adalah pikiran , perasaan , dan motif yang tak dapat diobservasi oleh orang lain.

  • Pendekatan Dalam Belajar 
  1. Behavioral
  2. Kognitif Sosial
  3. Pemrosesan Informasi
  4. Konstruktif Kognitif
  5. Konstruktif Sosial
Penjelasan :
  1. Behavioral adalah penekanan pada pengalaman , terutama penguatan dan hukuman, sebagai pembelajaran dan perilaku.
  2.  Kognitif Sosial adalah penekanan pada interaksi faktor perilaku, lingkungan, dan orang (kognitif) sebagai determinan pembelajaran.
  3. Pemrosesan Informasi adalah penekanan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian (atensi), memori, pemikiran dan proses kognitif lainnya.
  4. Konstruktif Kognitif adalah penekanan pada konstruksi kognitif dari pengetahuan dan pemahaman.
  5. Konstruktif Sosial adalah penekanan pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.
  • Pendekatan Behavioral Untuk Pembelajaran
  1. Pengkondisian Klasik
adalah tipe pembelajaran di mana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiakan stimuli.

                                                                  
untuk memahami teori pengkondisian klasik pavlov :
  • Unconditioned stimulus (US) adalah sebuah stimulus yang secara otomatis menghasilkan respons tanpa ada pembelajaran terlebih dahulu.
  • Unconditioned response (UR) adalah respons yang tidak dipelajari yang secara otomatis dihasilkan oleh US.
  • Conditioned stimulus (CS) adalah stimulus yang sebelumnya netral yang akhirnya menghasilakan conditiomed response setelah diasosiasikan dengan US.
  • Conditioned response (CR) adalah respons yang dipelajari, yakni respons terhadap stimulus yang terkondisikan yang muncul setelah terjadi pasangan US-CS.


2. Pengkondisian Operant 

adalah  sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi.
  • Hukum Efek Thorndike
             

prinsip bahwa  perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negative akan diperlemah.
  • Pengkondisian Operant Skinner
dimana konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi(1938).  
  1.  Penguatan dan hukuman 
penguatan(imbalan)(reinforcement) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa sesuatu perilaku akan terjadi .
 hukuman(punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.

Penguatan Positive adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung (rewarding).
Penguatan Negative adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus yang merugikan ( tidak menyenangkan )(Fierman, 2002).

Salah satu cara untuk mengingat perbedaan antara penguatan positif dan negatif adalah dalam penguatan positif ada sesuatu yang ditambahkan atau diperoleh. dalam penguatan negatif ada sesuatu yang dikurangi atau dihilangkan. 

       Referensi
  • Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 

 
;