Jumat, 11 Mei 2012 0 komentar

Resuman Diskusi Blended Learning


Blended learning, apa itu blended learning?


Menurut Wilson & Smilanich (2005) menyimpulkan bahwa Blended learning adalah penggunaan solusi pelatihan yang paling efektif, diterapkan dalam cara yang terkoordinasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Blended learning terdiri dari kata blended (kombinasi/ campuran) dan learning (belajar). Blended Learning merupakan belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline). contohnya saja penggunaan gtalk.

Tujuan blended learning, apa si tujuan blended learning dilaksanakan!

  • untuk menyatukan aspek terbaik dari face to face dengan teknologi zaman sekarang.
  • dapat meningkatkan komunikasi yang afektif dengan seseorang.
  •  dapat digunakan sebagai perantara saat kita tidak dapat menemuinya.
  • dapat membantu pelajar dalam hal penggunaan teknologi zaman sekarang.
  • dapat mengajarkan seorang pelajar untuk mandiri dan terus berkembang dalam kreatifnya.


dan kekurangan blended learning yaitu :
  • Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung.
  • Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet. Padahal dalam blended learning diperlukan akses internet yang memadai, apabila jaringan kurang memadai akan menyulitkan peserta dalam mengikuti pembelajaran mandiri via online.
  dan kelebihan blended learning yaitu yaitu : 
  • Pembelajaran terjadi secara mandiri dan konvensional, yang keduanya memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi.
  • Meningkatkan aksesbiltas. Dengan adanya blended learning maka peserta belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajaran.
penerapan blended learning di indonesia itu gimana si?

belum berjalan sesuai harahapan, dan blended learning pun hanya beberapa sekolah yang menggunakanya seperti sekolah internasional. ketika mahasiswa umum akan menggunakanya maka  kita harus mengingat kembali sarana dan prasana yang disediakan ,apakah sudah menunjang atau belum. hal ini penyebab di indonesia masih minimnya pengguna blended learning.

saya berharap untuk ke depanya blended learning dapat digunakan seluruh masyarakat umum agar dapat mempermudahkan pencarian dalam hal informasi.

Referensi :

http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
0 komentar

Pengalaman Menggunakan Blended Learning







Wahhh, hari ini itu ya? hemmm dewa sekali :)




setelah 2 hari saya pelajari ternyata saya dapat menggunakan gtalk dengan sempurna meskipun ada 1 hal yang tidak dapat saya mengerti yaitu verbatimnya. wah wah setelah hari dimana saya harus diskusi dengan teman2 melalui blended learning, ternyata saya mengalami kesulitan ketika jaringan lelet disertai dengan suara-suara yang bising namun hal  tersebut tidak mematahkan semangat saya.

satu peristiwa yang buat saya panik yaitu ketika teman-teman kelompok lain sudah mengirim virbatim ke buk dina, saya,gita,dan rizki belum aktif juga gmailnya,  bentar-bentar aktif, bentar-bentar mati. tapi hal tersebutlah yang mengajarkan saya menjadi seorang yang optimis tidak pantang menyerah untuk trus mencoba,agar verbatim saya dapat terselesaiakan. namun ketika gmail saya aktif saya lanjutkan diskusi saya dengan gita dan rizki, nah baru membahas sedikit sudah lelet lagi jaringannya, sudah saya coba dengan menggunakan modem pun ternyata tidak bisa juga. akhirnya saya putuskan kembali untuk mengirim verbatim sementara saya ke buk dina ketika jaringan normal kembali, akan tetapi diskusi saya lanjutkan kembali ketika pukul 14.00 wib karena saya diberi kesempatan kepada buk dina berhubung jaringan lelet.



kendali atau sisi negatif dari blended learning yang terjadi menurut kasus diatas yaitu:
  • Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung.
  • Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet. Padahal dalam blended learning diperlukan akses internet yang memadai, apabila jaringan kurang memadai akan menyulitkan peserta dalam mengikuti pembelajaran mandiri via online.
sisi positif dari blended learning yang terjadi menurut kasus diatas yaitu : 
  • Pembelajaran terjadi secara mandiri dan konvensional, yang keduanya memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi.
  • Meningkatkan aksesbiltas. Dengan adanya blended learning maka peserta belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajaran.

 Referensi
http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
 
;