Jumat, 27 April 2012

Rancangan Mini Proyek


Nama Kelompok :










TOPIK                            :  PERAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA                     SISWA SMA

JUDUL                            : PERAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA SISWA SMA

METODE                        : QUESTIONER

SUBJEK                          : SISWA SMA

TEMPAT                         : SMA NEGERI 11 MEDAN

ALAT dan BAHAN         : PULPEN
                                          KERTAS
                                          KAMERA
                                          SOUVENIR
                                          
BIAYA                            : Kertas             Rp  10.000
                                          Transportasi    Rp   20.000
                                          Souvenir          Rp   30.000
                                          Jumlah             Rp  60.000
                                          
PENDAHULUAN            :
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan stuktur organisasi, dan manajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Salah satunya internet.  Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses. Banyak siswa-siswi SMA menggunakan internet untuk mencari tugas-tugas mereka yang di berikan oleh guru. Karena terkadang guru mereka memberikan tugas kepada mereka yang tidak terdapat di buku penyelesaiannya jadi mau tidak mau mereka harus searching dari internet. Di internet apa yang tidak ada di buku pasti ada di internet. Jadi, siswa-siswi pun suka menggunakan internet karena untuk memudahkan dalam penyelesaian tugas mereka.

LANDASAN TEORI          :

TIK adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, komputer dan hubungan mesin (komputer) dan manusia, dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kebudayaan [British Advisory Council for applied Research and Development: Report on Information Technology; H.M. Stationery Office, 1980). Definisi lain tentang TIK yaitu semua bentuk teknologi yang terlibat dalam pengumpulan, memanipulasi, komunikasi, presentasi dan menggunakan data (data yang ditransformasi menjadi informasi) [E.W. Martin et al. 1994. Managing Information Technology: What Managers Need to Know. New York :Prentice Hall].
Arti Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat diapakai untuk menyiarkan program pendidikan.  Salah satu bagian TIK itu adalah internet. Internet dapat menjadi alat penting untuk membantu murid belajar (Bissell dkk, 2002; Roblyer & Edwards, 2000). Akan tetapi, internet mengandung beberapa kelemahan (Gackenbach & Ellerman, 1999) karena untuk menggunakannya secara efektif maka sofwarenya harus di install terlebih dahulu dan adanya kekhawatiran murid-murid untuk menyalahgunakan internet. Tetapi apabila digunakan secara efektif maka internet dapat menambahkan pengetahuan kita.

ALASAN MEMILIH TOPIK TERSEBUT   :
            Karena kami ingin mengetahui seberapa besar peran internet sebagai wadah pembelajaran siswa-siswi SMA. Apakah itu memiliki dampak positif bagi siswa-siswi SMA  atau malahan memiliki dampak negatif.
            

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;