Rabu, 21 Maret 2012

Teknologi Pembelajaran

Teknologi Dan Pendidikan

  • Teknologi pembelajaran (Instructional Techonology) adalah teori dan praktek tentang perancangan, pengembangan, penggunaan, pengelolaan dan pengevaluasian dari suatu proses dan sumber-sumber untuk belajar.
  • Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup.
  • Orang menggunakan komputer,bolpoin,surat, dan telepon untuk berkomunikasi. masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berfikir mendalam, berfikir kreatif, dan bersikap positif. akan tetapi, didunia yang kini berorientasi teknologi, kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat (Bitter & Pierson,2002; Collis 7 Sakamoto,1996;Nickerson,20000).
                                                      
  1. Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tidak terhingga yang dapat diakses murid.
  2. World wide web(web) adalah sisitem pengambilan hypermedia  yang menghubungkan berbgai materi internet;materi mencakup teks dan grafis.
  3. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. website menampilkan informasi yang dimasukan oleh individu atau organisasi.
  4. Email adalah singkatan dari electronic mail. merupakan bagian penting lain dari intenet, pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.
  • Standar untuk murid yang "melek teknologi"
  1. Pra teman kanak-kanak sampai grade dua.  
  • Gunakan alat input dan output untuk mengoperasikan komputer.
  • Gunakan variasi media dan teknologi .
  • Gunakan sumber daya multimedia yang pas.
  • Kerja sama dengan teman, anggota keluarga, dan orang lain saat menggunakan teknologi.
  • Gunakan sumber daya teknologi untuk pembelajaran.
  • Tunjukan perilaku yang etis dan sosial yang positif saat menggunakan teknologi.
     2.  Grade 3 sampai 5.
  • Gunakan keyboard dan alat input dan output lain secara efektif.
  • Diskusikan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Gunakan alat teknologi untuk menulis, berkomunikasi, dan mencari informasi yang menarik secara personal.
  • Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online untuk berpartisipan dalam proyek pembelajaran bersama.
  • Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.
    3. Grade 6 sampai 8.
  •  Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasikan dan memecahkan masalah hardware dan software yang muncul dalam penggunaaan sehari-hari.
  • Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadapa lapangan kerja dan masyarakat.
  • Gunakan alat spesifik, software, dan simulasi untuk mendukung pembelajaran dan riset.
  • Desain,kembangkan, publikasikan, dan paparkan produk.
  • Teliti dan evaluasi akurasi,relevansi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
   4. Grade 9 sampai 12.
  • Identifikasikan kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kotemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjaan.
  • Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal dan profesional.
  • Gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasikan, komunikasi, dan produktivitas.
  • Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.


       Referensi
  • Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 

                                                     

0 komentar:

Posting Komentar

 
;