Teknologi Dan Pendidikan
- Teknologi pembelajaran (Instructional Techonology) adalah teori dan praktek tentang perancangan, pengembangan, penggunaan, pengelolaan dan pengevaluasian dari suatu proses dan sumber-sumber untuk belajar.
- Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup.
- Orang menggunakan komputer,bolpoin,surat, dan telepon untuk berkomunikasi. masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berfikir mendalam, berfikir kreatif, dan bersikap positif. akan tetapi, didunia yang kini berorientasi teknologi, kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat (Bitter & Pierson,2002; Collis 7 Sakamoto,1996;Nickerson,20000).
- Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tidak terhingga yang dapat diakses murid.
- World wide web(web) adalah sisitem pengambilan hypermedia yang menghubungkan berbgai materi internet;materi mencakup teks dan grafis.
- Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. website menampilkan informasi yang dimasukan oleh individu atau organisasi.
- Email adalah singkatan dari electronic mail. merupakan bagian penting lain dari intenet, pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.
- Standar untuk murid yang "melek teknologi"
- Pra teman kanak-kanak sampai grade dua.
- Gunakan alat input dan output untuk mengoperasikan komputer.
- Gunakan variasi media dan teknologi .
- Gunakan sumber daya multimedia yang pas.
- Kerja sama dengan teman, anggota keluarga, dan orang lain saat menggunakan teknologi.
- Gunakan sumber daya teknologi untuk pembelajaran.
- Tunjukan perilaku yang etis dan sosial yang positif saat menggunakan teknologi.
2. Grade 3 sampai 5.
- Gunakan keyboard dan alat input dan output lain secara efektif.
- Diskusikan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
- Gunakan alat teknologi untuk menulis, berkomunikasi, dan mencari informasi yang menarik secara personal.
- Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online untuk berpartisipan dalam proyek pembelajaran bersama.
- Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.
3. Grade 6 sampai 8.
- Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasikan dan memecahkan masalah hardware dan software yang muncul dalam penggunaaan sehari-hari.
- Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadapa lapangan kerja dan masyarakat.
- Gunakan alat spesifik, software, dan simulasi untuk mendukung pembelajaran dan riset.
- Desain,kembangkan, publikasikan, dan paparkan produk.
- Teliti dan evaluasi akurasi,relevansi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
4. Grade 9 sampai 12.
- Identifikasikan kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kotemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjaan.
- Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal dan profesional.
- Gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasikan, komunikasi, dan produktivitas.
- Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.
Referensi
- Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
0 komentar:
Posting Komentar