Kamis, 22 Maret 2012

Kasus Memory


        Memori

Memori adalah Kemampuan untuk menyimpan informasi sehingga dapat digunakan dimasa yang akan datang.
Teori-teori lupa
1.      Decay Theory
Adalah teori yang menyatakan bahwa lupa terjadi karena memori memudar dari waktu ke waktu.
 Menurut teori ini, sebuah informasi yang telah disimpan didalam memory apabila tidak digunakan, informasi itu akan sulit dipanggil kembali. Karena menurut teori ini memory akan semakin aus dengan berlalunya waktu.
2.      Interference Theory
Teori yang menyatakan bahwa lupa bisa terjadi dikarenakan memory yang sama mengganggu penyimpanan atau pengambilan informasi.
Menurut teori ini,sebuah informasi yang telah disimpan di Long Term Memory akan sulit dipanggil kembali karena terganggu oleh informasi-informasi lain (baru).
3.      Reconstruction (Schema) Theory
Adalah informasi yang disimpan di LTM terkadang berubah dari waktu ke waktu menjadi lebih sesuai dengan kepercayaan, pengetahuan, dan harapan kita.
4.      Motivated Forgetting Theory
Adalah melupakan informasi yang mengecewakan, menyakitkan, dan peristiwa tidak menyenangkan lainnya.
Menurut teori ini, seseorang akan melupakan sebuah informasi apabila saat dia menerima informasi tersebut, dia merasa informasi tersebut tidak/kurang bermakna bagi dirinya, sehingga ia sengaja atau tidak sengaja tidak menyimpan informasi tersebut dengan baik.



Contoh Kasus
Kasus seperti ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dimana seseorang yang telah kita kenal sebelumnya, kita lupa siapa namanya.
Saya pernah mengalami suatu peristiwa dimana pada saat itu saya sedang jalan-jalan sore didaerah saya, saya dan teman saya menaiki kendaraan ribuan kilo meter kami telusuri perlintasan daerah itu,padasaat dijalan saya berpapasan dengan teman SD saya, Saya ingat betul kalau itu teman SD saya karena saya ingat wajahnya, akan tetapi sial! Saya lupa namanya, kami hanya bersorak woi mau kemana kamu.
Begitulah peristiwa yang saya alami. Mengapa saya bisa lupa namanya? Mungkin, pada saat itu saya tidak menyimpan informasi itu dengan baik,atau bahkan saya menganggap dia teman yang biasa aja, bukan teman yang special bagi saya sehingga saya terlalu cepat untuk melupakan namanya.
·         Menurut saya kasus saya tersebut termasuk Decay Theory yaitu  memori memudar dari waktu ke waktu.
 Menurut teori ini, sebuah informasi yang telah disimpan didalam memory apabila tidak digunakan, informasi itu akan sulit dipanggil kembali. Karena menurut teori ini memory akan semakin aus dengan berlalunya waktu.

1 komentar:

Agung Car mengatakan...

Untung masih ada memory facebook yang bisa menyimpan nama-nama teman lama, jadi panggilnya nggak perlu pakai woi lagi. Salam kenal dan thks infonya

Poskan Komentar

 
;