Selasa, 17 April 2012

Studi Kasus Intelligence

Contoh kasus intelligence
adapun pengertian intelligence ialah hal yang berkaitan dengan kecakapan untuk belajar dan memanfaatkan apa yang dipelajari dalam usaha menyesuaikan diri dengan situasi-situasi yang kurang dikenal atau dalam pemecahan masalah.

ada 3 jenis intelligence yaitu
  • Tacit Intelligence
adalah pengetahuan dan kemammpuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang didapatkan tidak dengan dipelajari disekolah.


tidak pandai menggunakannya sama sekali, hari pertama saya beliau dengan sendirinya belajar
 sebagai contoh:

saya memiliki hobby memancing ketika saya berusia 7 tahun, sejak kecil saya termasuk anak yang nakal, suka pergi memancing dengan teman sebaya saya terutama laki-laki namun saya pergi tanpa sepengetahuan orang tua saya.
akan tetapi hal tersebutlah yang membuat saya beda dengan beberapa anak perempuan seusia saya yang dekat dengan rumah saya(tetangga saya).

saya hobby memancing pada awalnya saya ikut mencari cacing untuk umpan ikan tersebut dan lalu teman saya menusukan cacing tersebut dimata pancingnya,lalu pancingnya saya masukan ke rawah-rawah,dengan penuh harapan semoga pancing saya dimakan oleh ikannya, dan ternyata saya berhasil, dari keberhasilan itulah akhirnya saya sering memancing di rawah-rawah.
dari hobby saya inilah yang membedakan saya dengan teman perempuan sebaya saya, karena dia sangat bosan dan benci kalau diajak memancing, tapi kalau saya tidak.

  • Fluid Intelligence
adalah kemampuan untuk memproses informasi dengan cepat dan merancang strategi untuk masalah-masalah baru.


sebagai contoh:

saya adalah siswi tergaptek pada masa, dimana saya menduduki kelas 2 SMA. hal ini saya ungkapkan bahwa pada saat itu jejaring sosial yang namanya sering disebut yaitu facebook, saya sama sekali tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, jangankan menggunakanya bentuknya saja saya tidak tahu.
hari itu teman saya dikelas sangat heboh sekali, saya hanya bisa terdiam seperti orang bodoh.
sorenya akibat  saya penasaran, akhirnya datang lah rasa keingintahuan saya yaitu saya sehabis pulang bimbingan, langsung saya datangi itu warnet saya buka-buka internet dengan searcing cara membuat facebook, hampir 4 jam saya terdampar di warnet tersebut, akhirnya saya bisa membuat facebook(mempunyai alamat facebook). nah besok paginya saya baru heboh saya beritahukan kepada teman-teman saya bahwa saya sudah memiliki alamat facebook.

  • Crystallized Intelligence
adalah kemampuan menggunakan informasi yang dipelajari dari proses pembelajaran dan pengalaman hidup dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang sama.  


 sebagai contoh:

saya memiliki seorang ibu kandung yang sama dengan saya gapteknya yaitu tidak pandai menggunakan handphone, ketika itu ia membeli handphone yang biasa-biasa saja dan hari pertama ia
membuka-buka menu dalam handphone tersebut, akan tetapi ia hanya tahu jiak ada orang yang menelponnya saja, hari kedua dia pelajarin lagi, beliau hanya mampu menelpon orang lain saja. begitu seterusnya hingga ia mahir menggunakan handphone meskipun masih tahap pembelajaran.

1 komentar:

nugroho serang mengatakan...

Pembagian dan pengertian intellegences, diambil dari buku apa? reerensi lengkapnya> karena saya sangat membutuhkan referensi tersebut. Thanks

Poskan Komentar

 
;