Jumat, 29 Juni 2012

Kasus Psikososial

TEORI
Extraneous factors in person perception
Beberapa faktor memainkan peran penting dalam persepsi:

1.Primacy effects : Pentingnya kesan pertama
Primacy effects adalah kecenderungan kesan pertama yang sangat besar mempengaruhi opini/pendapat  mengenai orang lain. Kesan pertama biasanya sangat penting dalam proses mempersepsikan seseorang.

a.      Prolonged exposure atau penjajakan yang lama
Penjajakan yang lama kepada seseorang cenderung mengurangi pengaruh kesan pertamamengenai orang itu. Meskipun penting dengan membuat kesan pertama yang menguntungkan pada hari pertama kerja, tidak perlu khawatir jika kamu tidak dapat melakukannya. Pada akhirnya teman kerjamu akan segera mengetahui sebernarnya dirimu. Informasi mengenai kamu yang dikumpulakn selama jangka waktu yang lama akan menghapus segala kesan pertama.

b.      Passage of time
Kesan pertama cenderung dilupakan seiring dengan berjalannya waktu. Jika kesan pertama dan kesan berikutnya berlalu dalam periode yang lama, kesan yang lebih baru akan menjadi pengaruh yang sangat besar.

c.       Knowledge of primacy effects
Ketika orang diperingatkan untuk menghindari pengaruh dari kesan pertama, primacy effects dapat dikurangi. Orang yang secara akurat mempersepsi seseorang perlu diajari mengenai bahaya primacy effect dan harus mengurangi pengaruh dari primacy effect dalam persepsi mereka.
2.  Proximity
Sesuatu yang penting, penyebab dari daya tarik lainnya adalah proximity (kedekatan) atau kedekatan geografis.

3. Mutual Liking

Hubungan timbal balik antara satu pihak dengan pihak lainnya.


KASUS

Pertama kali saya memasuki kampus psikologi universitas sumatera utara, dan dimana pertama kali saya mengikuti proses belajar dikampus ini. Ketika itu ketika pelajaran bahasa inggris semester 1 berlangsung saya ketemu dengan seorang teman  bernama siti rizki kartika, karena saya berasal dari anak daerah saya terlebih dahulu menyapanya tersebut dan dari hasil perbincangan kami, mulai esok dan seterusnya kami sering jalan bersama, makan bersama, curhat-curhat, ngerjai tugas bersama, duduk bangkunya dekat-dekatan dll. Dan dari situ saya mengganggap dia adalah sahabat saya dikampus, ketika esok harinya ia pernah memfoto copykan bahan pelajaran buat saya, dan saya tahu niat dia bak, maka dari hal seperti inilah saya menambah kedekatan saya dengannya dengan cara saya juga melakukan hal yang sama sepertinya ke dia, dengan begitu sampai akhir ini saya dan dia menjadi sahabat karib.


PEMBAHASAN

Kasus saya tersebut termasuk kasus yang membahas tentang mutual liking dimana sepeti kalimat diatas tersebut “ketika esok harinya ia pernah memfoto copykan bahan pelajaran buat saya, dan dari hal seperti inilah saya menambah kedekatan saya dengannya dengan cara saya juga melakukan hal yang sama sepertinya ke dia, dengan begitu sampai akhir ini saya dan dia menjadi sahabat karib”.

Dimana mutual liking adalah Hubungan timbal balik antara satu pihak dengan pihak lainnya, jadi ketika dia memfoto copykan bahan pelajaran buat saya, karena saya tahu niat dia baik, saya juga melakukan hal yang sama sepertinya ke dia.

Terima kasih.
Salam Hormat

Rika Damayanti 


Referensi

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;