Selasa, 12 Juni 2012

Periode Emas Pertumbuhan Otak



Kita sering mendengar tentang periode emas pertumbuhan otak (brain growth spurt) saat kita mempelajari tentang tumbuh kembang otak balita. Apakah sebenarnya periode emas pertumbuhan otak itu? Mari kita pelajari lebih dalam lagi.

Periode emas pertumbuhan otak adalah tahap yang paling cepat dan paling kritis dalam perkembangan otak. Saat ini terjadi pada trimester ketiga kehamilan dan selesai diantara ulang tahun kedua dan ketiga seorang anak.
Di masa ini, pertumbuhan otak anak Anda sangat rapuh akan konsekuensi yang merugikan dari malnutrisi. Penelitian menunjukkan bahwa jika jumlah sel otak yang tepat tidak berkembang di masa ini, kekurangan secara permanen dapat terjadi. Oleh karena itu, masa periode emas pertumbuhan otak adalah kesempatan ‘sekali seumur hidup’ bagi otak anak Anda untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Sebab itulah, di masa periode emas pertumbuhan otak ini, sangat penting untuk memberikan anak Anda nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan otak mereka.


Agar otak tumbuh optimal, kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA, AA, Sphingomyelin dan Sialic Acid harus dipenuhi. Selain itu, fungsi otak juga dipengaruhi oleh kemampuannya untuk menyerap dan mengolah inforamsi. Terdapat dua asam amino yang berperan penting dalam proses penyerapan dan pengolahan informasi di dalam otak, yaitu Tyrosine dan Tryptophan. Tyrosine merupakan prekursor neurotransmitter catecholamines yang membantu meningkatkan penyerapan informasi. Tryptophan adalah prekursor neurotransmitter serotonin yang berfungsi penting dalam meningkatkan kualitas tidur, dimana tidur merupakan fase penting untuk memproses informasi di dalam otak.

Daftar Pustaka:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;