Rabu, 28 Maret 2012

Kasus Problem Solving


Nama :Rika Damayanti
Nim    :111301018

·         Mengidentifikasi Permasalahan
Proses identifikasi merupakan proses awal dimana seseorang lewat memori pengalaman yang dimilikinya dapat membedakan yang mana yang disebut dengan masalah dan mana yang tidak. Kesalahan yang dilakukan dalam mengidentifikasikan masalah ini berawal dari kesalahan belajar konsep, dimana belajar konsep membuat suatu pengelompokan atau pengkategorikan data-data yang ada, sehingga dengan adanya pengkategorian data tersebut proses kognisi manusia akan terbentuk untuk mengidentifikasikan masalah.
·         Sistematika Penyusunan Dalam Penyelesaian Masalah
Dalam menyelesaikan masalah, dibutuhkan adanya strategi awal (perencanaan) akan pendekatan yang bagaimanakah yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah tersebut. Dalam Laura A.King, terdapat beberapa metode yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pendekatan masalah itu sendiri:

1.      Subgoaling
Yang dimaksudkan disini ialah membuat suatu penyusunan akan tujuan-tujuan kecil dan utama dari setiap poin permasalahan, sehingga dengan adanya subgoaling, kerangka pemecahan masalah mulai terbentuk secara perlahan. 
2.      Algorithms
Algoritma yang dimaksud disini ialah solusi pemecahan masalah yang sistematis dan terjamin. Algoritma dapat berupa bentuk instruksi, rumus dan menguji kemungkinan. Tetapi metode ini jarang digunakan karena memakan waktu dan usaha yang relatif rumit.
3.    Heuristik
Heuristik merupakan strategi pemecahan masalah dengan menggunakan panduan atau arah, tetapi dengan cara ini tidak dijamin akan memperoleh adanya pemecahan masalah yang akurat karena kurangnya evaluasi terhadap.setiap kemungkinan solusi yang ada.
    Contoh kasus:
·      Perumusan Masalah
Masalah harus didefinisikan dengan jelas,misalnya:
Saya adalah mahasiswa Fakultas Psikologi 2011 dan saya berstatus sebagai anak perantauan (anak kost). Dan pada akhirnya ibu saya hanya mengirim uang makan saya Rp.600.000,00/bulan. Padahal kebutuhan seorang cewek itu lebih tajam intensitasnya, seperti alat make-up,pembersih muka,lulur mandi,peralatan dalam,pulsa,kebutuhan tak terduga,makan sehari-hari dll. Akan tetapi ibu saya menganjurkan saya untuk menggunakan uang Rp.600.000,00/bulan itu dengan  sebaik mungkin.




·         Analisis Masalah
Pada tahap ini peneliti mengumpulkan data yang berhubungan dan mulai mencari alternatif pemecahan yang mungkin dilakukan. Jadi, analisis masalah rika yaitu:
1.  Rika tidak tahu bagaimana caranya menghemat uang Rp.600,000,00/bulan.
2.  Rika tidak tahu apakah hari lusa ada kebutuhan tidak terduga atau tidak.
3.  Rika takut tidak makan untuk hari lusa.


·         Pemecahan Masalah
Tindakan perbaikan dari alternatif solusi yang terpilih berdasarkan kriteria dapat mulai dilakukan untuk memecahkan masalah.
Jadi, pemecahan masalah rika yaitu:
1.      Saya  menghemat uang dengan cara memprediksikan bahwa /hari harus habis Rp.20.000,00.
2.      Saya harus pandai membeli barang mana yang sangat penting buat kebutuhan hidup saya dan barang mana yang bisa saya nomor duakan.
3.      Saya jarang jajan dikantin dan masak nasi dikost (beli sayur lauk pauk diluar).
4.      Saya berjalan kaki dari kampus ke kost saat pulang kuliah.
5.      Saya menjatah uang pulsa saya Rp.50.000,00 /bulan.
6.      Saya harus pandai meyisihkan uang untuk hari lusa.

Dan pemecahan masalah saya ini termasuk algoritma. Algoritma yang dimaksud disini ialah solusi pemecahan masalah yang sistematis dan terjamin. Algoritma dapat berupa bentuk instruksi, rumus dan menguji kemungkinan. Tetapi metode ini jarang digunakan karena memakan waktu dan usaha yang relatif rumit.


·      Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk menilai apakah tindakan perbaikan yang dilakukan membawa hasil. Sebaiknya evaluasi dilakukan berdasarkan ukuran kuantitatif, misalnya dalam kasus contoh diatas apakah ada peningkatan tingkat kehematan setelah dilakukan tindakan perbaikan.

Evaluasi kasus saya ada peningkatan tingkat kehematan yaitu saya bisa menabung uang hasil penyisihan uang makan saya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;