Jumat, 08 Juni 2012

SIMULASI MINI



Kelompok 7:


A. Simulasi Paedagogi  

Paedagogi merupakan seni mengajar pada anak. Pengajaran pada berfokus pada teacher  center, dimana seorang guru lah yang menjadi sumber informasi pengajaran.  

Setting: seorang anak TK yang diajarkan oleh ibu guru membuat segi 4 dari kertas.
  di suatu ruangan ada salah satu seorang guru yang sedang mengajarkan kepada anak muridnya tentang bagaimana membuat segi 4 dari sebuagh kertas, kemudian terjadilah dialog sebagai berikut ini::

Ibu  guru    : selamat siang anak-anak??
murid-muridnya   : siang ibu guru?
ibu guru : nah sekarang kita akan belajar cara membuat segi 4 dari kertas, cb pegang kertasnya, lipat atas bawah (dll)
murid-muridnya  : iya ibu guru.

nah disini ibu gurunya memberikan arahan kepada anak muridnya tentang bagaiman membuat segi 4 dari kertas, dimana si anak juga belum mengerti bagaimana pemecahan masalahnya jika disuruh membuat hal sepertyi itu.

B. Stimulasi Andragogi

Andragogi merupakan seni mengajar yang diberikan pada orang dewasa. Pengajaran harus dibedakan dengan anak karena orang dewasa sudah memiliki pengalaman yang lebih kaya dari pada anak-anak. 

SettingTraining Motivasi

Suatu perusahaan melakukan training untuk mengetahui motivasi yang terjadi pada trainee nya, kemudian terjadilah dialog berikut:

Trainer   : Selamat siang rekan-rekan sekalian, hari ini saya sebagai trainer akan memberikan materi mengenai motivasi, baiklah sebelum memulai materi saya terlebih dahulu akan menanyakan makna dari motivasi tersebut kepada rekan-rekan sekalian.apa itu motivasi?
Trainee 1: Saya (sambil mengacungkan tangan),motivasi adalah dorongan yang terjadi didalam diri kita untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai.
Trainer:kamu pernah gak merasa termotivasi?
Trainee 1: ya saya pernah yaitu seperti ini nih, saya merasa sangat termotivasi untuk giat belajar saat ada mata kuliah saya yang tidak lulus.

C. Perbedaan Simulasi Paedagogi dan Andragogi
Pada simulasi Paedagogi informasi  sistem mengajarnya masih tergantung pada si anak. Sementara pada simulasi Andragogi,sistem belajarnya sudah mandiri.

Salam Hormat,

Rika Damayanti.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;