Kamis, 31 Mei 2012

Hasil Survey Mengenai Anak Berbakat (Gifted)




  •   Pada hari sabtu tanggal 26 mei 2012 pukul 20.00 wib, saya membuat kuisioner online yang bertema kan Anak Berbakat (Gifted). Disini saya melakukan kusioner online untuk kepentingan  Mata Kuliah Psikologi Pendidikan, dimana saya menggunakan survey online berupa kuisioner yang terdiri dari 10 (sepuluh) pertanyaan dan dapat diakses oleh koresponden yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Psikologi USU angkatan 2011melalui situs yang bernama Surveysurvey.com untuk menjangkau seberapa besar pengetahuan mereka terhadap  anak berbakat.

Survey ini sendiri diikuti oleh 56 mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Dimana komponenya pertanyaan dan pernyataan terdiri dari:
·         Identitas Responden
Yaitu: Nama,Usia,Jenis Kelamin,Pendidikan,NIM.
·         10 Peryataan tentang Anak Berbakat (Gifted)

1.      Anak berbakat tidak sama dengan anak tidak berbakat.

 Setuju 
 46 

 73.02% 
 Tidak Setuju 
 13 

 20.63% 
 Sangat Setuju 
 4 

 6.35% 

2.      Anak berbakat membutuhkan motivasi dari lingkungan sekitarnya.

 Setuju 
 52 

 81.25% 
 Tidak Setuju 
 5 

 7.81% 
 Sangat Setuju 
 7 

 10.94% 

3.      Anak berbakat kebutuhan sosial dan emosionalnya tidak dengan serta merta diperolehnya.

 Setuju 
 44 

 69.84% 
 Tidak Setuju 
 15 

 23.81% 
 Sangat Setuju 
 4 

 6.35% 

4.      Anak berbakat terlihat lebih aktif, sibuk dan terlibat berbagai hal dilingkungannya.

 Setuju 
 43 

 68.25% 
 Tidak Setuju 
 18 

 28.57% 
 Sangat Setuju 
 2 

 3.17% 

5.      Anak berbakat sama perkembangannya dengan anak tidak berbakat.

 Setuju 
 18 

 28.57% 
 Tidak Setuju 
 45 

 71.43% 
 Sangat Setuju 
 0 
 0.00% 

6.      Anak berbakat memiliki daya ingat yang luar biasa sehingga mampu menceritakan hal pada masa lalu secara rinci.

 Setuju 
 36 

 59.02% 
 Tidak Setuju 
 24 

 39.34% 
 Sangat Setuju 
 1 

 1.64% 

7.      Anak berbakat tidak pernah bertanya pada orang disekitarnya.

 Setuju 
 6 

 10.00% 
 Tidak Setuju 
 54 

 90.00% 
 Sangat Setuju 
 0 
 0.00% 

8.      Anak berbakat mempunyai perkembangan motorik lebih cepat.

 Setuju 
 39 

 63.93% 
 Tidak Setuju 
 22 

 36.07% 
 Sangat Setuju 
 0 
 0.00% 

9.      Anak berbakat memilih berteman dengan orang yang lebih tua atau dewasa.

 Setuju 
 16 

 26.67% 
 Tidak Setuju 
 44 

 73.33% 
 Sangat Setuju 
 0 
 0.00% 






10.  Anak berbakat mampu memahami banyak kata dibandingkan dengan teman sebayanya.

 Setuju 
 42 

 70.00% 
 Tidak Setuju 
 18 

 30.00% 
 Sangat Setuju 
 0 
 0.00% 



Survei saya akhiri pada tanggal 29 Mei 2012.


                  
 


Melalui tabel di atas tersebut, sebagian besar koresponden melihat bahwa seorang anak di kategorikan anak berbakat, tak semata-mata karena mudah memahami segala sesuatu, mempunyai daya ingat baik serta mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan cepat. Bisa jadi mereka bukan siswa yang selalu berprestasi. Namun, ada sesuatu yang membedakan dirinya dengan siswa lain di kelas, yakni kewaspadaan (alertness), kemampuan memahami (quick insights), dan keterampilan lain yang lebih hebat dari anak lain seusianya. Hal ini membuat anak mampu menunjukkan prestasi luar biasa di sekolah. Satu ciri pasti yang ditunjukkan anak berbakat umumnya adalah skor IQ-nya tinggi.


Testimoni :
Menurut saya sendiri, mengenai situs kuisioner online tersebut bahwa banyak manfaat yang saya ambil yaitu keringkasan dalam hal waktu, biaya yang terjangkau, proses respondensi yang tepat meskipun kuisioner online ini tidak bisa didokumentasikan seperti kuisioner non online.
Akan tetapi dari mata kuliah pendidikan sendiri yang saya jalani selama ini saya merasakan bahwa saya telah banyak memanfaatkan jaringan online tersebut secara positif seperti pembuatan blog, google talk  dan kuisioner online.


Salam hormat,

Rika Damayanti
111301018

1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Rika, coba cek... hasil surveymu kog tidak konsisten jumlah respondennya? Coba cek, jangan ada yang double. Data yang diolah harus baik dan konsisten semua dalam jumlah...:)
take care

Poskan Komentar

 
;