- Pada hari sabtu tanggal 26 mei 2012 pukul 20.00 wib, saya membuat kuisioner online yang bertema kan Anak Berbakat (Gifted). Disini saya melakukan kusioner online untuk kepentingan Mata Kuliah Psikologi Pendidikan, dimana saya menggunakan survey online berupa kuisioner yang terdiri dari 10 (sepuluh) pertanyaan dan dapat diakses oleh koresponden yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Psikologi USU angkatan 2011melalui situs yang bernama Surveysurvey.com untuk menjangkau seberapa besar pengetahuan mereka terhadap anak berbakat.
Survey ini sendiri diikuti oleh 56 mahasiswa/i
Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Dimana komponenya pertanyaan dan pernyataan terdiri
dari:
·
Identitas Responden
Yaitu: Nama,Usia,Jenis Kelamin,Pendidikan,NIM.
·
10 Peryataan tentang Anak Berbakat
(Gifted)
1. Anak berbakat tidak sama dengan anak
tidak berbakat.
|
2.
Anak berbakat membutuhkan motivasi dari lingkungan sekitarnya.
|
3.
Anak berbakat kebutuhan sosial dan emosionalnya tidak dengan serta merta
diperolehnya.
|
4.
Anak berbakat terlihat lebih aktif, sibuk dan terlibat berbagai hal dilingkungannya.
|
5.
Anak berbakat sama perkembangannya dengan anak tidak berbakat.
|
6. Anak berbakat memiliki daya ingat
yang luar biasa sehingga mampu menceritakan hal pada masa lalu secara rinci.
|
7.
Anak berbakat tidak pernah bertanya pada orang disekitarnya.
|
8.
Anak berbakat mempunyai perkembangan motorik lebih cepat.
|
9. Anak berbakat memilih berteman
dengan orang yang lebih tua atau dewasa.
|
10.
Anak berbakat mampu memahami banyak kata dibandingkan dengan teman
sebayanya.
|
Survei saya akhiri pada tanggal 29 Mei 2012.
Melalui tabel di atas tersebut, sebagian
besar koresponden melihat bahwa seorang anak di kategorikan anak berbakat, tak
semata-mata karena mudah memahami segala sesuatu, mempunyai daya ingat baik
serta mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan cepat. Bisa jadi mereka
bukan siswa yang selalu berprestasi. Namun, ada sesuatu yang membedakan dirinya
dengan siswa lain di kelas, yakni kewaspadaan (alertness), kemampuan memahami
(quick insights), dan keterampilan lain yang lebih hebat dari anak lain
seusianya. Hal ini membuat anak mampu menunjukkan prestasi luar biasa di
sekolah. Satu ciri pasti yang ditunjukkan anak berbakat umumnya adalah skor
IQ-nya tinggi.
Testimoni :
Menurut saya sendiri, mengenai situs kuisioner online tersebut
bahwa banyak manfaat yang saya ambil yaitu keringkasan dalam hal waktu, biaya
yang terjangkau, proses respondensi yang tepat meskipun kuisioner online ini
tidak bisa didokumentasikan seperti kuisioner non online.
Akan tetapi dari mata kuliah pendidikan sendiri yang
saya jalani selama ini saya merasakan bahwa saya telah banyak memanfaatkan jaringan
online tersebut secara positif seperti pembuatan blog, google talk dan kuisioner online.
Salam hormat,
Rika Damayanti
111301018
Rika Damayanti
111301018
1 komentar:
Rika, coba cek... hasil surveymu kog tidak konsisten jumlah respondennya? Coba cek, jangan ada yang double. Data yang diolah harus baik dan konsisten semua dalam jumlah...:)
take care
Posting Komentar